Kamis, September 28, 2017

Rapot Kurikulum 2013 edisi revisi

PETUNJUK PENGISIAN



1.    Laporan Rapor Peserta Didik dipergunakan selama peserta didik yang bersangkutan mengikuti seluruh program pembelajaran di Sekolah Dasar tersebut;
2.    Identitas Sekolah diisi dengan data yang sesuai dengan keberadaan Sekolah Dasar;
3.    Daftar Peserta didik diisi oleh data siswa yang ada dalam Rapor Peserta Didik ini;
4.    Identitas Peserta didik diisi oleh data yang sesuai dengan keberadaan peserta didik;
5.    Rapor Peserta Didik harus dilengkapi dengan pas foto berwarna (3 x 4) dan pengisiannya dilakukan oleh Guru Kelas;
6.    Kompetensi inti 1 (KI-1) untuk sikap spiritual diambil dari KI-1 pada muatan pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti;
7.    Kompetensi inti 2 (KI-2) untuk sikap sosial diambil dari KI-2 pada muatan pelajaran PKn; 
8.    Kompetensi inti 3 dan 4 (KI-3 dan KI-4) diambil dari KI-3 dan KI-4 pada semua muatan pelajaran; 
9.    Sikap ditulis dengan deskripsi, menggunakan kalimat positif, berisi perkembangan sikap/perilaku siswa yang sangat baik dan/atau baik dan yang mulai/sedang berkembang  berdasarkan kumpulan hasil observasi (catatan);
10.  Pengetahuan dan keterampilan ditulis dengan angka, predikat dan deskripsi untuk masing-masing muatan pelajaran;
11.  Predikat yang ditulis dalam Rapor Peserta Didik:
A  : Sangat Baik
B  : Baik
C  : Cukup
D  : Kurang
12.  Deskripsi pengetahuan dan keterampilan ditulis dengan kalimat positif sesuai dengan capaian KD tertinggi atau terendah dari masing-masing muatan pelajaran yang diperoleh peserta didik. Deskripsi berisi pengetahuan dan keterampilan yang sangat baik/dan atau baik yang dikuasai dan penguasaannya belum optimal. Apabila nilai capaian KD muatan pelajaran yang diperoleh dari suatu muatan pelajaran sama, kolom deskripsi ditulis sesuai dengan capaianuntuk semua KD;
13.  Laporan Ekstrakurikuler diisi oleh kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti oleh peserta didik;
14.  Saran–saran diisi oleh hal-hal yang perlu mendapatkan perhatian peserta didik, guru, dan orang tua/wali terutama untu, hal-hal yang tidak didapatkan dari sekolah;
15.  Laporan tinggi dan berat badan peserta didik ditulis berdasarkan hasil pengukuran yang dilakukan guru bekerjasama dengan pihak lain yang relevan;
16.  Laporan kondisi kesehatan fisik diisi dengan deskripsi hasil pemeriksaan yang dilakukan guru, bekerjasama dengan tenaga kesehatan atau puskesmas terdekat;
17.  Prestasi diisi dengan prestasi peserta didik yang menonjol;
18.  Kolom ketidakhadiran ditulis dengan data akumulasi ketidakhadiran peserta didik karena sakit, izin, atau tanpa keterangan selama satu semester;
Apabila peserta didik pindah, maka dicatat di dalam kolom keterangan pindah.

Download aplikasi kelas 1,2,4 dan 5
semester 1
semester 2

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © SDN 03 KARANGLO | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com